Sabtu

Unsur Pembentuk Bumi

Dalam sistem tata surya yang besar, bumi memiliki keunikan tersendiri. Bumi mempunyai kehidupan, air dan permukaan yang terus-menerus berubah, termasuk lapisan tipis kerak bumi yang berbatuan di bawah kaki kita. Bagian-bagian dari bumi yang dapat dilihat hanya sebagian kecil dari keseluruhan planet yang sebenarnya. Di bawah kerak bumi terdapat selimut bumi yang tebal dan berlapis-lapis, bebatuan dan dibagian tengah bumi terdapatinti logam yang sebagian berbentuk cair dan sebagaian lain berbentuk padat.

Bumi dikelilingi oleh wilayah magnetis yang berubah seiring dengan perubahan waktu dan menghapuskan radiasi kuat matahari yang membahayakan kehidupan manusia. Lapisan kerak silikat yang berbatuan terbungkus dalam kumpulan air dan gas atmosfer yang hampir seluruhnya berasal dari erupsi gunung berapi. Lapisan kerak terbuat dari unsur-unsur lempeng yang bergeser secara perlahan, selama jutaan tahun pergeseran ini mengubah bentuk benua ketika lempeng lapisan tersebut saling berinteraksi.

Bahan Dasar Bumi
Selain terdiri dari air, udara dan batuan, sebagian selimut bumi bagian atas dapat terlihat pada permukaan muntahan magma gunung berapi. Lebih sulit untuk mengetahui unsur logam pada bagian inti bumi, bagian tersebut adalah bagian terpadat karena berada dalam tekanan yang besar.

Inti bumi yang cair diperkirakan terbuat dari besi cair, dianggap mengalir dan alirannya menyebabkan arus yang menghasilkan medan magnetis bumi.
Inti bumi yang padat , tekanan yang sangat besar di pusat bumi menyebabkan besi lebur yang menjadi inti bagian luar tertekan sampai suatu titik dimana besi tersebut berubah menjadi padat.

Gas atmosfer adalah bagian yang sangat kecil dari 1 persen keseluruhan massa bumi. Atmosfer yang paling padat berada dekat dengan permukaan bumi dan semakin jauh semakin berkurang kepadatannya. Kebanyakan molekul gas ditarik ke permukaan oleh gravitasi bumi.

Jumlah keseluruhan inti bumi 16 persen dari total volume bumi dan 31 persen dari total massa bumi

Air
- sekitar 0,1 persen dari total volume bumi
- 0,02 persen dari total massa bumi
- menutupi tiga perempat dari permukaan bumi

Es dalam bentuk gletser dan lempengan
sekitar 0,002 persen dari total volume bumi. 0,003 persen dari total massa bumi. Lempengan es yang ada sekarang merupakan peninggalan dari zaman es dari dua juta tahun yang lalu.

Lapisan kerak
- 0,8 persen dari total volume bumi
- 0,4 persen dari total massa bumi
- kerak lautan kebanyakan berasal dari batuan basal yang terbuat dari silikat yang kaya akan besi dan magnesium
- kerak benua adalah granit yang berkembang dari kerak basal lautan.

0 komentar:

Posting Komentar